PERATURAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA

REPUBLIK INDONESIA

NOMOR 19 TAHUN 2018

TENTANG

ORGANISASI DAN TATA KERJA KANTOR IMIGRASI


  Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI yang membawahi TPI pada wilayah kerjanya terdiri atas :

    1. Bagian Tata Usaha
    2. Bidang Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian
    3. Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian
    4. Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian
    5. Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi

 

Bagian Tata Usaha

  Bagian Tata Usaha mempunyai tugas melaksanakan penyusunan rencana program dan anggaran, pengelolaan keuangan, barang milik negara, sumber daya manusia, administrasi umum, pengawasan dan pengendalian internal serta evaluasi dan pelaporan di bidang administrasi kepegawaian, keuangan, persuratan, barang milik negara, dan rumah tangga.
  Dalam melaksanakan tugasnya, Bagian Tata Usaha menyelenggarakan fungsi:

    1. Penyusunan rencana program, anggaran, evaluasi dan pelaporan;
    2. Pelaksanaan dan pengendalian internal;
    3. Pengelolaan urusan keuangan dan barang milik negara; dan
    4. Pengelolaan sumber daya manusia, tata usaha, dan rumah tangga.

  Bagian Tata Usaha terdiri dari :

    1. Subbagian Kepegawaian dan Umum
    2. Subbagian Kepegawaian dan Umum mempunyai tugas melakukan penyiapan pengelolaan sumber daya manusia, tata usaha, dan rumah tangga, barang milik negara, pengendalian internal, dan evaluasi serta pelaporan kegiatan Kanim.
    3. Subbagian Keuangan
    4. Subbagian Keuangan mempunyai tugas melakukan penyiapan penyusunan rencana program dan anggaran, pengelolaan urusan keuangan, dan evaluasi serta pelaporan di bidang keuangan.

 

Bidang Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian

  Bidang Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian mempunyai tugas melaksanakan pelayanan dokumen perjalanan, izin tinggal, dan status keimigrasian.

  Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian menyelenggarakan fungsi:

    1. Penyusunan rencana, evaluasi, dan pelaporan di bidang dokumen perjalanan dan izin tinggal keimigrasian;
    2. Pelaksanaan pelayanan paspor;
    3. Pelayanan surat perjalanan laksana paspor bagi orang asing;
    4. Pelayanan pas lintas batas;
    5. Pelayanan izin tinggal;
    6. Pemeriksaan, penelaahan, dan penyelesaian alih status keimigrasian;
    7. Pelayanan izin masuk kembali;
    8. Penelaahan status keimigrasian dan kewarganegaraan dalam rangka penerbitan surat keterangan keimigrasian;
    9. Pelayanan surat keterangan keimigrasian; dan
    10. Pelayanan bukti pendaftaran anak berkewarganegaraan ganda.

  Bidang Dokumen Perjalanan dan Izin Tinggal Keimigrasian terdiri atas:

    1. Seksi Dokumen Perjalanan
    2. Seksi Dokumen Perjalanan mempunyai tugas melakukan penyiapan penyusunan rencana, pelaksanaan, pengoordinasian, evaluasi dan pelaporan di bidang pelayanan paspor biasa, surat perjalanan laksana paspor bagi orang asing, dan pas lintas batas.
    3. Seksi Izin Tinggal Keimigrasian
    4. Seksi Izin Tinggal Keimigrasian mempunyai tugas melakukan penyiapan penyusunan rencana, pelaksanaan, pengoordinasian, evaluasi dan pelaporan di bidang pelayanan izin tinggal, izin masuk kembali, surat keterangan keimigrasian, bukti pendaftaran anak berkewarganegaraan ganda, penyiapan pemeriksaan, penelaahan, dan penyelesaian alih status keimigrasian, dan penelaahan status keimigrasian dan kewarganegaraan untuk penerbitan surat keterangan keimigrasian.

 

Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian

  Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian mempunyai tugas melaksanakan pemanfaatan, pemeliharaan, dan pengamanan sistem teknologi informasi dan komunikasi keimigrasian.

  Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian menyelenggarakan fungsi:

    1. Penyusunan rencana dan pelaporan di bidang pemanfaatan, pemeliharaan, dan pengamanan sistem teknologi dan informasi keimigrasian;
    2. Pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data keimigrasian;
    3. Pemeliharaan dan pengamanan sistem teknologi dan informasi keimigrasian;
    4. Penyiapan dan pengelolaan informasi dan komunikasi publik keimigrasian; dan
    5. Pelaksanaan hubungan masyarakat dan kerjasama antar instansi.

  Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian terdiri atas:

    1. Seksi Teknologi Informasi Keimigrasian
    2. Seksi Teknologi Informasi Keimigrasian mempunyai tugas melakukan penyiapan penyusunan rencana, pelaksanaan, pengoordinasian, evaluasi dan pelaporan di bidang pemanfaatan, pemeliharaan, dan pengamanan sistem danteknologi informasi keimigrasian.
    3. Seksi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian
    4. Seksi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian mempunyai tugas melakukan penyiapan penyusunan rencana, pelaksanaan, pengoordinasian, evaluasi dan pelaporan di bidang pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data keimigrasian, pengelolaan informasi dan komunikasi keimigrasian, pelaksanaan hubungan masyarakat, dan kerjasama antar instansi.

 

Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian

  Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian mempunyai tugas melaksanakan penyiapan pelaksanaan, pengawasan, intelijen dan penindakan keimigrasian.

  Dalam melaksanakan tugas nya, Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian menyelenggarakan fungsi:

    1. Penyusunan rencana, evaluasi, dan pelaporan di bidang intelijen, pengawasan, dan penindakan keimigrasian;
    2. Pelaksanaan kerja sama intelijen dan pengawasan keimigrasian;
    3. Pelaksanaan dan pengoordinasian penyelidikan intelijen keimigrasian;
    4. Penyajian informasi produk intelijen;
    5. Pengamanan personil, dokumen keimigrasian, perizinan, kantor, dan instalasi vital keimigrasian;
    6. Penyidikan tindak pidana keimigrasian;
    7. Pelaksanaan tindakan administratif keimigrasian; dan
    8. Pelaksanaan pemulangan orang asing.

  Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, terdiri atas:

    1. Seksi Intelijen Keimigrasian
    2. Seksi Intelijen Keimigrasian mempunyai tugas melakukan penyiapan penyusunan rencana, pelaksanaan, pengoordinasian, evaluasi dan pelaporan di bidang pengawasan keimigrasian, kerja sama intelijen keimigrasian, penyelidikan intelijen keimigrasian, penyajian informasi produk intelijen, pengamanan personil, dokumen keimigrasian, perizinan, kantor, dan instalasi vital keimigrasian.
    3. Seksi Penindakan Keimigrasian
    4. Seksi Penindakan Keimigrasian mempunyai tugas melakukan penyiapan penyusunan rencana, pelaksanaan, pengoordinasian, evaluasi dan pelaporan di bidang penyidikan tindak pidana keimigrasian, tindakan administratif keimigrasian, dan pemulangan orang asing.

 

Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi

  Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi mempunyai tugas melaksanakan pengoordinasian, pengawasan, evaluasi, dan pelaporan perlintasan keimigrasian.

  Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi menyelenggarakan fungsi:

    1. Penyusunan rencana, pengoordinasian, pengawasan, evaluasi, dan pelaporan perlintasan keimigrasian;
    2. Pemeriksaan dokumen keimigrasian;
    3. Pemberian tanda masuk dan tanda keluar; dan
    4. Penolakan pemberian tanda masuk dan tanda keluar.

  Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi terdiri atas:

    1. Seksi Pemeriksaan I
    2. Seksi Pemeriksaan I mempunyai tugas melakukan penyusunan rencana, pelaksanaan, pengoordinasian, evaluasi dan pelaporan di bidang pemeriksaan dokumen perjalanan dan dokumen keimigrasian, pemberian tanda masuk dan tanda keluar, penolakan pemberian tanda masuk dan tanda keluar terhadap setiap orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia berdasarkan peraturan perundang-undangan pada unit kerjanya.
    3. Seksi Pemeriksaan II
    4. Seksi Pemeriksaan II mempunyai tugas melakukan penyusunan rencana, pelaksanaan, pengoordinasian, evaluasi dan pelaporan di bidang pemeriksaan dokumen perjalanan dan dokumen keimigrasian, pemberian tanda masuk dan tanda keluar, penolakan pemberian tanda masuk dan tanda keluar terhadap setiap orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia berdasarkan peraturan perundang-undangan pada unit kerjanya.
    5. Seksi Pemeriksaan III
    6. Seksi Pemeriksaan III mempunyai tugas melakukan penyusunan rencana, pelaksanaan, pengoordinasian, evaluasi dan pelaporan di bidang pemeriksaan dokumen perjalanan dan dokumen keimigrasian, pemberian tanda masuk dan tanda keluar, penolakan pemberian tanda masuk dan tanda keluar terhadap setiap orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia berdasarkan peraturan perundang-undangan pada unit kerjanya.
    7. Seksi Pemeriksaan IV
    8. Seksi Pemeriksaan IV mempunyai tugas melakukan penyusunan rencana, pelaksanaan, pengoordinasian, evaluasi dan pelaporan di bidang pemeriksaan dokumen perjalanan dan dokumen keimigrasian, pemberian tanda masuk dan tanda keluar, penolakan pemberian tanda masuk dan tanda keluar terhadap setiap orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia berdasarkan peraturan perundang-undangan pada unit kerjanya.