Pin It

 

Saat ini Kantor Imigrasi Kelas I Bogor berada ditengah-tengah pemukiman penduduk dengan sarana yang sudah memadai, namun prasarana berupa gedung kantor dan area parkir kendaraan masih belum memadai dan belum memenuhi unsur yang sesuai dengan pedoman pelayanan publik. Kantor Imigrasi Kelas I Bogor saat ini terletak di Jl Jenderal Ahmad Yani No 65 Tanah Sareal, Kota Bogor, dengan luas tanah 908 M² dan luas bangunan 1.302 M² berbentuk rumah 2 lantai.

 

 

          Seiring dengan tercapainya peningkatan dari Kantor Imigrasi Kelas II menjadi Kantor Imigrasi Kelas I Bogor sehingga membutuhkan relokasi gedung baru yang memadai guna mendukung kegiatan pelaksanaan tugas, dimana berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor 28/KM.6/2015 tanggal 10 Februari 2015 tentang Penetapan Status Penggunaan Barang Milik Negara Eks Kelolaan PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) pada Kementerian Hukum Dan HAM yaitu berupa 1 (satu) bidang tanah dan 1 (satu) unit bangunan sebagaimana tercantum dalam sertifikat SHGB Nomor.338/Pebaton seluas 14.042 M2, maka Kantor Imigrasi Kelas I Bogor berencana membangun gedung kantor baru mengingat Bogor sebagai kota Penyangga Ibukota Negara sehingga diperlukan gedung kantor yang memadai untuk mendukung kelancaran kegiatan pelaksanaan tugas.

          Saat ini, proses lelang Manajemen Kontruksi dan Fisik Pembangunan Komplek Gedung Negara Kantor Imigrasi Kelas I Bogor telah selesai dilaksanakan, akan tetapi dengan adanya Moratorium oleh Presiden RI maka anggaran dana pembangunan tersebut tidak dapat dicairkan sehingga Pembangunan Komplek Gedung Negara Kantor Imigrasi Kelas I Bogor Tahun Anggaran 2016 tidak dapat dilaksanakan.  Kami berharap pada Tahun 2017 Anggaran untuk Pembangunan Gedung Kantor Imigrasi Kelas I Bogor dapat direalisasikan guna terwujudnya pelayanan keimigrasian sesuai dengan unsur Pedoman Pelayanan Publik serta harapan masyarakat. 

Adapun kondisi sarana dan prasarana Kantor Imigrasi Kelas I Bogor pada saat ini dapat dilihat pada gambar berikut.

Gedung Kantor Imigrasi Kelas I Bogor di Tengah Pemukiman Penduduk

 

 

Area Parkiran di Jalanan Depan Kantor

 

 

Loket Permohonan Izin Keimigrasian, Pengambilan Paspor di Halaman Kantor, serta Informasi dan Pengaduan Masyarakat

 

Ruang Tunggu Bagi Pemohon di Halaman dan Dalam Kantor

 

  

Fasilitas Umum (Mushala Lt 2, Ruang Laktasi Lt 1, dan Kantin di Halaman Kantor)

 

Seiring dengan kemajuan dan perkembangan jaman serta tingkat perubahan yang cepat dan terus menerus di segala bidang, berdampak pula pada beban kerja yang semakin meningkat akan kebutuhan pelayanan yang optimal, sehingga membutuhkan tata ruang dan ketersediaan lokasi pada Kantor Imigrasi Kelas I Bogor yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat. Pada saat ini Kantor Imigrasi Kelas I Bogor memiliki gedung dan ruangan serta lahan parkir yang sangat terbatas, untuk itu Kantor Imigrasi Kelas I Bogor telah mengajukan proposal pengadaan tanah relokasi sebagai berikut:

  1. Tanggal 1 Januari 2013, Kantor Imigrasi Kelas II Bogor mengajukan proposal pengadaan tanah relokasi yang ditujukan kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Ham Jawa Barat yang ditanda tangani oleh Bapak Bambang Catur P, S., M.M. selaku Kepala Kantor pada saat itu, dengan surat Nomor W8.FC.UM.01.01-0273;
  2. Tanggal 14 Februari 2013, Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kantor Wilayah VIII Bandung mengirim surat kepada Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara Dan Sistem Informasi Kementerian Keuangan RI perihal Permohonan Bantuan Aset Tanah untuk digunakan Kantor Imigrasi Kelas II Bogor dalam rangka meningkatkan pelayanan jasa keimigrasian yang sesuai dengan harapan masyarakat baik Kota/ Kabupaten Bogor, berdasarkan Dengan surat Nomor S-253/ 08/2013;
  3. Tanggal 5 Maret 2014 diadakan rapat koordinasi antara Pengelolaa Kekayaan Negara II Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dengan Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI dan dilanjutkan dengan peninjauan lapangan atas aset tanah eks kelolaan PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) seluas 14.042 M2 dan luas bangunan 2.015 M2 yang terletak di Jl Jenderal Ahmad Yani No 19 Bogor pada Kantor Imigrasi Kelas II Bogor.
  4. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor 28/KM.6/2015 tanggal 10 Februari 2015 tentang Penetapan Status Penggunaan Barang Milik Negara Eks Kelolaan PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) pada Kementerian Hukum Dan HAM yaitu berupa 1 (satu) bidang tanah dan 1 (satu) unit bangunan sebagaimana tercantum dalam sertifikat SHGB Nomor 338/Pebaton seluas 14.042 M2 terletak di Jl Jenderal Ahmad Yani No 19 Kelurahan Tanah Sereal Kecamatan Sereal Kota Bogor sebagaimana tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri.

          Perspektif perencanaan gedung baru Kantor Imigrasi Kelas I Bogor diharapkan sebagai berikut:

 

Disain Akses Kantor Imigrasi Kelas I Bogor

 

Disain Kantor Imigrasi Kelas I Bogor

Tampak Depan

 

Disain Kantor Imigrasi Kelas I Bogor

Tampak Belakang

 

Disain Area Parkiran

Kantor Imigrasi Kelas I Bogor

 

Disain Area Kantor Imigrasi Kelas I Bogor

dan Rumah Dinas Tampak Atas