Pin It

Fasilitas Keimigrasian (Affidavit)

 

A. Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery)

     1. Jenis Pelayanan

        Fasilitas Keimigrasian (Affidavit)

   2. Dasar Hukum

       a. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan RI (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2006 Nomor 63,

           Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4634);

       b. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara RI Tahun 2009  Nomor 112,

           Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 5038);

       c. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian (Lembaran Negara RI Tahun 2011 Nomor 52, Tambahan Lembaran

           Negara RI Nomor 5216);

       d. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2007 tentang Tata Cara, Memperoleh, Kehilangan, Pembatalan, dan

           Memperoleh Kembali Kewarganegaraan RI (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 2, Tambahan  Lembaran

           Negara Republik Indonesia Nomor 4676);

      e. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang

           Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian (Lembaran Negara RI Tahun 2013 Nomor 68, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 5409;

       f. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 45  Tahun 2014

          tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia;

      g. Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor M.HH-05.OT.01.01 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja

          Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi

          Manusia Nomor M.HH-05.OT.01.01 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Hukum dan Hak  Asasi Manusia

          Republik Indonesia;

      h. Peraturan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pendaftaran Anak

           Berkewarganegaraan Ganda dan Permohonan Fasilitas Keimigrasian;

 

TATA CARA PERMOHONAN FASILITAS KEIMIGRASIAN BAGI ANAK BERKEWARGANEGARAAN GANDA

  Fasilitas Keimigrasian adalah kartu yang diberikan kepada anak subjek berkewarganegaraan ganda pemegang paspor kebangsaan asing yang diberikan secara affidavit. Setiap Anak Berkewarganegaraan Ganda yang memiliki paspor kebangsaan asing dapat diberikan Fasilitas Keimigrasian.

 

PRINSIP:

Fasilitas Keimigrasian bagi Anak Berkewarganegaraan Ganda diberikan berdasarkan permohonan

 

           Fasilitas Keimigrasian Anak Berkewarganegaraan Ganda dimaksud berupa;

            a. Pembebasan dari kewajiban memiliki visa;

            b. Pembebasan dari kewajiban memiliki Izin Tinggal dan Izin Masuk Kembali; dan

            c. Pemberian Tanda Masuk atau Tanda Keluar yang diperlukan sebagaimana layaknya warga negara Indonesia.

 

   3. Prosedur

        Mekanisme dan Prosedur :

       1) Permohonan Fasilitas Keimigrasian Anak Berkewarganegaraan Ganda dapat dilakukan:

           a. Di wilayah Indonesia; atau.

           b. Diluar wilayah Indonesia

      2) Untuk permohonan Fasilitas Keimigrasian di Wilayah Indonesia, diajukan kepada Kepala Kantor Imigrasi yang wilayah kerjanya

          meliputi tempat tinggal Anak Berkewarganegaraan Ganda dengan:

          a. Mengisi formulir; dan

          b. Melampirkan dukomen asli dan fotokopi;

              - Paspor kebangsaan asing Anak Berkewarganegaraan Ganda; dan

              - Bukti pendaftaran Anak Berkewarganegaraan Ganda.

      3)  Untuk pemohonan Fasilitas Keimigrasian di luar wilayah Indonesia, diajukan kepada Kepala Perwakilan Republik Indonesia atau

          pejabat lain yang ditunjuk oleh Menteri Hukum dan HAM dengan:

            a. Mengisi formulir; dan

         b. Melampirkan dokumen asli dan fotokopi;

             - Paspor kebangsaan asing Anak Berkewarganegaraan Ganda; dan

             - Bukti pendaftaran Anak Berkewarganegaraan Ganda.

    4)  Fasilitas Keimigrasian untuk Anak Berkewarganegaraan Ganda dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan peraturan

          perundang-undangan.

 

 4. Waktu Pelayanan

      Waktu penyelesaian permohonan Anak Berkewarganegaraan Ganda selama 3 (tiga) hari kerja setelah kelengkapan permohonan

       terpenuhi dan telah dilakukan pengambilan foto.

 

  5. Biaya / Tarif

      Sebagaimana disebutkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan

      Pemerintah Nomor 45 Tahun 2014 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kementerian

      Hukum Dan Hak Asasi Manusia, bahwa:

NO JENIS PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK SATUAN TARIF
1. FASILITAS KEIMIGRASIAN (AFFIDAVIT) BAGI ANAK BERKEWARGANEGARAAN GANDA NON ELEKTRONIK. Per orang Rp. 150.000
2. FASILITAS KEIMIGRASIAN (AFFIDAVIT) BAGI ANAK BERKEWARGANEGARAAN GANDA ELEKTRONIK. Per orang Rp. 350.000
3. JASA PENGGUNAAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEIMIGRASIAN Per Permohonan Rp. 55.000

 

HAL LAIN YANG PERLU DIKETAHUI TERKAIT FASILITAS KEIMIGRASIAN ANAK BERKEWARGANEGARAAN GANDA

a. Anak Berkewarganegaraan Ganda yang memperoleh Fasilitas Keimgirasian harus menggunakan paspor yang sama pada

     saat masuk dan keluar wilayah Indonesia.

b. Dalam hal Anak Berkewarganegaraan Ganda masuk dan keluar wilayah Indonesia menggunakan paspor kebangsaan asing, pejabat

    imigrasi selain memberikan Tanda Masuk atau Tanda Keluar juga akan membubuhkan cap keimigrasian sebagai Anak

    Berkewarganegaraan Ganda pada kartu embarkasi atau debarkasi.

c. Anak Berkewarganegaraan Ganda yang belum menentukan pilihan kewarganegaraan dan bellum berusia 21 (dua puluh satu) tahun

    dapat diberikan paspor biasa, yang mas berlakunya dampai Anak Berkewarganegaraan Ganda tersebut berusia 21 (dua puluh satu)

    tahun.

 

6.  Produk

    Pendaftaran Fasilitas Keimigrasian (Affidavit) di Wilayah Indonesia.

 

7. Pengelolaan pengaduan dapat melalui